Lupa/Tidak Tau Password Di Windows XP!

Rabu, 04 April 2012
Posted by ragnar


Temen saya baru dapat inventaris dari kantor sebuat notebook, ternyata ada dua acount disana, administrator sama user, nyoba-nyoba instal aplikasi engga bisa-bisa karena buka admin wkwkwkwk


Banyak pengguna komputer windows xp yang gagal login ke windows. Salah satu penyebabnya adalah kehilangan atau lupa dengan password yang digunakan. Kalo sudah seperti itu, maka mau tidak mau harus mencari jalan untuk mengembalikan password windows xp anda, apakah install ulang atau menggunakan berbagai macam tool recovery password. Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing cara mem bypass password windows xp lewat safe mode.

Apakah safe mode itu?
Semua versi Windows hadir dengan setup diagnostik disebut “Safe Mode”. Safe mode akan berjalan pada Windows dengan meload hanya file dan driver. Startup program tidak berjalan pada safe mode, dan hanya driver dasar yang dibutuhkan yang otomatis dijalankan. Banyak pengguna PC yang tidak terbiasa dengan tujuan Safe Mode dan hanya menggunakannya ketika terjadi sistem crash atau masalah yang sejenis. Dan tentunya banyak yang kemudian bingung dengan apa yang harus dilakukan selanjutnya.
Safe mode adalah fitur terbaik yang bisa digunakan jika Anda mengalami masalah boot sistem anda. Tujuan dari Safe Mode adalah untuk membantu mengatasi masalah komputer pada operasi dengan minimal driver dan komponen Windows. Hal ini juga dapat digunakan jika Anda memiliki masalah dalam menjalankan setiap perangkat lunak atau software baru pada komputer Anda. Dengan meminimalisir program  apa yang berjalan, Safe Mode dapat membantu Anda mendiagnosa masalah yang disebabkan oleh driver yang rusak atau program lainnya.

Apa account XP default  “administrator”?
Password Windows XP digunakan untuk melindungi komputer terhadap gangguan yang tidak diinginkan. Default Administrator account pada windows XP biasanya diperuntukkan untuk melakukan berbagai macam tugas  khusus pada komputer karena memiliki pembatasan keamanan yang paling tinggi. Hal ini memang sering diabaikan, dan banyak pengguna yang tidak tahu posisi dari akun administrator ini. Jika Anda lupa password untuk akun normal atau standart pada windows XP Anda, Anda dapat memulihkan dan mengembalikannya dengan login default account admin.



Cara - 1


Mau engga mau minta pertolongan dengan mbah Google, awal nemu tutorial memerlukan CD, sedangkan di notebook nya tidak ada CD/DVD room, wah berabe nih, coba nyari-nyari lagi, akhirnya dapet juga di : http://www.solfacorners.com/technology/software/229-omg-lupa-password-di-windows-xp


kurang lebih seperti ini caranya :


  1. Restart komputer kamu, kalau misalnya dah nyala, kalau belum ya dinyalain (gubrakkk).
    Sebelum masuk ke Windows, kira-kira habis memory test dan bla bla bla, cepat-cepat tekan F8… yap F8 ya bukan F4 (mentang-mentang lo suka Jerry Yan).
  2. Nanti kamu disuruh milih. Udah nggak usah liat yang lain, langsung aja milih: Start in Safe Mode. Nanti ada tulisan-tulisan muncul gitu, tunggu sampai masuk Windows.
  3. Eit, kamu dicegat password deh. Nah disini triknya. Masukkan username: Administrator (persis loh seperti yang saya ketik itu, A nya huruf besar). Terus langsung klik OK, password kosongin aja.
  4. Masuk deh kamu ke Windows kamu. Supaya password kamu hilang, Go to Control Panel —> User Accounts terus kosongkan aja password kamu, supaya nggak dicegat password lagi. Selanjutnya kamu tinggal set password sesuai keinginan kamu deh, tapi jangan lupa lagi ya.


untuk trik lainya bisa di lihat disini

* pada waktu tulisan ini saya buat, saya belum mencobanya, silakan di coba sendiri 




Cara ke-2



Bagaimana masuk ke safe mode windows  XP dan memulihkan/mengembalikan password?

Langkah 1. Untuk masuk ke Safe mode Windows XP, pada saat komputer booting tekan dan tahan tombol keyboard  “F8″ , yang nantinya akan memunculkan menu “Windows Advanced Options Menu” seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Catatan: Pada beberapa komputer, jika Anda menekan terus tombol dengan komputer booting anda akan mendapatkan pesan tombol terkunci atau pemilihan menu booting pada BIOS. Jika hal ini terjadi, bukan menekan dan menahan tombol “F8″, tetapi tekan “tombol F8″ terus menerus sampai Anda mendapatkan menu startup.

Langkah 2. Gunakan tombol panah untuk pindah ke “Safe Mode dengan Command Prompt” dan tekan tombol Enter pada keyboard Anda. (bukan keyboard milik tetangga lho..)

Langkah 3. Pilih sistem operasi yang akan dijalankan

Langkah 4. Windows XP Safe Mode adalah loading

Langkah 5. Sebuah layar logon menampilkan semua nama pengguna OS windows xp anda, ada 2 akun pada contoh yang akan saya berikan: Administrator, Mike. Di sini kita berasumsi bahwa Anda ingin mengembalikan password akun milik “Mike” . Masukkan password untuk account administrator Anda untuk masuk safe mode, password default adalah kosong jika Anda tidak pernah mensetting atau mengatur  password untuk administrator sebelumnya.
Hal ini sama dengan layar logon normal, tapi layar logon normal hanya akan mencantumkan Mike.

Contoh tampilan : Safe Mode layar logon dan layar logon normal
(safe mode)
(logon normal)

Langkah 6. Setelah masuk safe mode, Anda dapat melihat perintah Windows prompt. Masukkan atau ketik “net user“dan tekan Enter untuk melihat daftar semua nama pengguna dalam Windows XP. Kemudain ketik “net user Mike 123456789” dan tekan Enter. Perintah ini berfungsi untuk  me-reset password account “Mike” dengan “123456789″. Setelah proses ini selesai, anda bisa login ke akun “Mike”  dengan password baru “123456789″


Langkah 7. Ketik “shutdown-r” dan tekan Enter, Sistem akan restart, maka Anda dapat mengakses account logon Mike dalam mode normal.


Bagaimana memulihkan atau mengembalikan  password xp jika account administrator juga dilindungi?
Kadang-kadang, Anda memasukan password pada accoun default admin untuk meningkatkan keamanan, dan tak dapat dihindari anda juga melupakan password. Apa yang akan anda coba untuk mengatasi hal tersebut?

Langkah 1. Download CD boot, seperti Windows Password Recovery Tool Professional, dari Internet. Jenis CD boot memiliki program password reset yang dapat digunakan untuk mengembalikan password Administrator di Windows XP.

Langkah 2. Install dan jalan software tersebut

Langkah 3. Burn CD boot (yang di download dalam format file ISO ) ke CD kosong.

Langkah 4. Ambil CD boot yang telah di burning dan masukkan ke dalam komputer yang Password administratornya lupa atau kelupaan. Jalankan komputer dan boot dari CD (optical drive).

Langkah 5. Pilih opsi reset password dalam CD boot tersebut. Opsi ini akan berbeda, tergantung pada jenis opsi CD boot yang Anda pilih, tetapi dalam setiap kasus konsep prosesnya akan sama.

Langkah 6. Pilih account Administrator sebagai account yang ingin Anda modifikasi dan pilih untuk mereset sandi atau menghapus kata sandi.

Langkah 7. Restart komputer dan boot ke sistem operasi windows xp anda. Silahkan coba masuk ke sistem operasi pada account Administrator menggunakan password baru yang telah Anda pilih.
Screenshot di pada proses pengembalian password administrator XP

Akhirnya, Sekarang Anda tidak perlu khawatir tentang kehilangan atau kelupaan Password Windows XP , karena ada software yang dapat membantu Anda. Dan tentunya mendukung semua versi Windows , termasuk Windows 7, Vista, XP, 2000 2003, 2008.
Demikian apa yang bisa saya sharing, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung sobatpc semua, terima kasih



Share/Save/Bookmark

Label:

1 komentar:

ragnar mengatakan...

Ane dah berhasil buka n ganti pass notebook kantor pakai cara yg 1

Posting Komentar

Blog Widget by LinkWithin
close
mau dapat uang di internet dari koleksi foto kamu? Silahkan klik disini untuk mendaftar GRATIS!!